tips merawat mesin cuci

Trik Jitu Bikin Mesin Cuci Jadi Awet

Penilaian Pembaca: / 0

Foto: IstimewaFoto: IstimewaMESIN CUCI cepet rusak? Haduuuhhh… bikin kerjaan makin tambah berat! Betapa tidak, mencuci kan bukan pekerjaan gampang, tapi sulit dan melelahkan. Adanya mesin cuci pasti sangat membantu.

Tapi, bagaimana kalau mesin cucinya rusak atau bermasalah? Nah, ini bisa jadi karena kesalahan dalam pengoperasian, atau kurangnya perawatan. Nah, agar mesin cuci awet, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Hindari memasukkan tangan ke dalam mesin cuci ataupun mesin pengering pada saat mesin beroperasi.
  2. Ingatlah untuk selalu memutar timer ke arah kanan/terutama yg masih menggunakan mesin cuci dua tabung.
  3. Letakkan mesin cuci jauh dari jangkauan anak atau tempat bermain anak.
  4. Foto: IstimewaFoto: IstimewaJangan menyemprotkan air ke kontrol panel.
  5. Hindarkan mesin cuci dari sinar matahari langsung.
  6. Hindarkan tempat yang lembab. Mesin cuci harus dibersihkan dari debu.
  7. Gunakan detergen dan air sesuai dengan petunjuk pemakaian.
  8. Setelah digunakan, matikan mesin dan cabut stop kontaknya.
  9. Pakaian yang hendak dicuci hendaknya sesuai dengan kapasitas mesin cuci agar tidak merusak motor penggerak.
  10. Bersihkan di bagian yang selalu dialiri air; biasanya suka berlumut terutama jika sumber air Anda jelek.

Foto: IstimewaFoto: IstimewaSecara garis besarnya mesin cuci dapat dikelompokkan menurut kepraktisannya seperti yang terlihat dari jumlah tabung (drum). Mesin cuci yang tergolong praktis bertabung tunggal namun berfungsi ganda. Selain berfungsi sebagai pencuci, tabung itu juga berfungsi sebagai pembilas dan sekaligus pengering cucian.

Untuk memilih mesin cuci, disarankan menentukan lebih dulu kebutuhannya. Ini akan terkait dengan kapasitas mesin cuci yang ada di pasaran, tipe dua tabung di pasaran tersedia pilihan mesin cuci dengan kapasitas dari 5 sampai 13 kilogram. Sedang tipe satu tabung, dari 6,2 sampai 12 kilogram.

Selain itu, kita bisa melihat material yang dipakai. Pastinya harus tahan karat dan anti serangan tikus. Ini penting karena biasanya dua kelemahan tadi yang sering jadi keluhan konsumen menengah ke bawah itu. Penting juga untuk melihat fungsi dan spesifikasi yang ditawarkan. Makin canggih, tentu makin mahal.

Layanan servis dan purnajual juga tak kalah penting. Jaringan servis yang tersebar di mana-mana tentu akan memudahkan Anda bila terjadi gangguan pada mesin cuci. Selain itu jaminan kemudahan suku cadang juga jadi poin tersendiri. Disinilah praktisnya mesin cuci karena dinilai mampu mencuci berbagai bahan kain, mulai dari baju, celana jeans, sarung bantal, hingga bed cover.

Selain dicuci, seluruh cucian juga langsung diperas hingga tinggal dijemur atau langsung dikeringkan, tergantung jenis mesin cuci yang dimiliki. Hemat tenaga sekaligus hemat waktu. Sehingga, tak heran jika sekarang mesin cuci sudah menjadi barang elektronik yang wajib dimiliki. (Dari berbagai sumber)

Leave a comment