BAYINYA PAKAI PEMPERS, BUK?

Ya iya dong, saya kan wanita sibuk, Ngak punya waktu untuk mengganti popok anak setiap menit.
tapi banyak juga wanita – wanita yang kasihan anaknya pakai pempers,. pakai pempers rasanya kurang lebih sama seperti pakai pembalut. mereka rela menganti popok si kecil setiap saat. Biasanya mereka yang menghabiskan waktu dirumah saja,. jadi ibu rumah tangga seutuhnya.

Nah kapan si bayi sudah tidak membutuhkan popok lagi ?

Pada awal – awal kehidupannya, bayi buang air kecil dan buang air besar setiap saat. belum selesai dibersihan, sudah pis lagi,. hampir setiap pis, bayi juga u’k.Walaupun cuma kentut, u’knya juga ikut. Coba pikir kalau bayi pakai pempers berarti u’k nya ada dipempers. Ngak mungkin ditukar setiap saat. Kan pakai pempers, sementara bayi juga ngak mungkin berhenti u’k, kan sistem pencernaannya belum sempurna. Berarti kita mengurung bayi di dalam u’k dong ?. Sampai pempersnya layak di ganti

Coba gimana rasanya pakai pembalut yang ada u’knya dan kemana – mana dipakai..? Kita aja ngak bakalan nyaman. Nah ini anak masih bayi, yang sangat kita sayangi, yang kulitnya masih tipis dan sensitif.

Seiring bertambah nya umur si bayi, semua sistem di dalam tubuhnya akan semakin menuju sempurna , termasuk sistem pencernaan. Itu berarti pis dan u’knya juga perlahan – perlahan akan semakin jarang. Nah pada umur bayi sekitar 7 bulan, hanya akan membutuhkan ganti popok sekitar 10 kali dalam sehari. jauh lebih ringan lho.. Apalagi kalau anda sudah mulai mengajar si bayi pi’s ke kamar mandi. U’k nya juga sudah sekali sehari atau bahkan sampai sekali lima hari .

Kapan si kecil sudah bisa diajarkan untuk pipis di kamar mandi ?

Tak perlu menunggu sampai lebih satu tahun ,kok. Kalau setiap hari menghabiskan waku dengan si bayi, atau kalau bisa memperhatikan gerak – gerik bayi, anda akan mengenali tanda – tanda ketika si kecil sedang lapar, haus, sakit, termasuk tanda – tanda ketika bayi anda akan pis.

Mungkin awalnya belum sempat mengantar si bayi pis ke kamar mandi. tanda – tandanya hanya akan kelihatan disaat dia sudah mulai pipis. Nah gimana caranya ?
Seperti hal nya kita, bayi juga suka pipis setiap bangun tidur. Iya kan ? Coba perhatikan bayi anda setiap dia bangun dari tidurnya. Akan ada tanda – tanda dia sedang pis. Nah bangun tidur berikutnya langsung antar saja ke kamar mandi.
Awalnya akan membutuhkan waktu bahkan sampai sepuluh menit. Harus sabar mennggu sampai si kecil pis di kamar mandi untuk pertama kalinya. Kan si bayi belum terbiasa. anda bisa juga melakukan hal ini setiap dia bangun tidur siang.

Adakalanya usaha kita tidak berhasil hari ini, tapi jangan patah semangat atau berikutnya anda jadi malas. Semakin sering anda mengantar si bayi pis ke kamar mandi , si bayi akan menyadari kalau setiap ke kamar mandi dia harus pis, Biasanya kan anda akan tetap di kamar mandi sampai pis nya keluar..Nah setelah terbiasa anda tidak perlu lagi menunggu lama – lama. Begitu sampai di kamar mandi dan posisinya pas si kecil akan langsung pis.

“Anak saya masih menengadah, gimana bisa dibawa kekamar mandi.”?Itulah zaman sekarang bayi baru lahir saja sudah ditelengkupkan. Sebelum dia menemukan jalan bagaimana membalikkan badan sendiri, tubuhnya sudah kuat. Sekarang anda tinggal mengakali bagaimana posisi yang bagus dan nyaman untuk bayi anda dan anda saat dikamar mandi. kalau punggung nya sudah kuat anda bisa telengkupkan di atas paha,. kalau bayinya sudah agak kuat, anda bisa mendudukkannya di atas paha.
kalau sudah kuat kakinya, sudah bisa pis sambil berdiri kalau anak anda laki – laki.

Selain itu saya juga menyarankan anda menggunakan bangku kecil untuk anda sendiri. Siapa tau anda kurang fit, dan pusing di kamar mandi. kasian si kecil kan kalau anda dan dia sampai terjedot temBOK.

Nah , kalau sudah biasa, si kecil ngak akan ngompol lagi. Enak kan ? ngak mesti nunggu umurnya sekian tahun.

Frekuensi pis si kecil semakin lama akan semakin jarang. Pada umur 9 bulan bahkan si kecil hanya akan pis 2 kali sebelum tidur malam. Setelah itu pis nya pagi lagi. Kasian kan kalau dikasih pempers , padahal dah ngak ada pis nya..! kan panas dan boros lagi.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s