harga emas akan terus turun

TRIBUNNEWS.COM – Anda yang sedang investasi emas atau berniat ke sana, pertimbangkan hasil survei terbaru ini.

Kontan melaporkan, untuk pertama kalinya pada tahun ini, para trader emas merasa pesimistis terhadap pergerakan harga emas.

Sekitar 15 dari 29 analis yang disurvei Bloomberg memprediksi, harga si kuning kinclong akan melorot pada pekan depan. Sedangkan lima analis lain memilih netral.

Ada beberapa penyebab yang mendasari hal tersebut. Di antaranya, the Federal Reserve memberikan sinyal tidak akan menggelontorkan stimulus moneter dalam waktu dekat.

Faktor lainnya adalah aksi mogok para pedagang perhiasan emas di India terkait kenaikan pajak impor emas. Menurut Bombay Bullion Association pada 2 April lalu, tingkat impor emas India akan anjlok hingga 81% pada Maret lalu. Bahkan diramal, pada kuartal II ini, impor emas akan melorot 40%.

“The Fed sepertinya tidak akan melakukan quantitative easing. Jika melihat perekonomian AS yang semakin membaik, maka hal itu berdampak negatif bagi emas,” jelas Carole Ferguson, analis Fairfax IS di London.

Ferguson menambahkan, pesona emas mulai memudar tahun ini. “Pasar perhiasan di India memiliki peranan penting dalam membentuk harga emas. Jika aksi mogok terus berlanjut, maka dalam jangka panjang sedikit mengkhawatirkan bagi harga emas,” urainya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s