cara mengolah sayur supaya sehat

Tomat
Tomat harus dimasak lama agar tubuh lebih mudah menyerao nutrisinya. Salah satu cara adalah dengan memanggangnya di dalam oven sampai 15-20 menit.

Bawang Putih
Berbeda dengan tomat, pada bawang putih proses pemanasan justtru mengurangi manfaatnya. Pemanasan akan merusak allinase, zat penting yang berguna melawan kanker dan enzim peningkat imunitas tubuh. Jadi sebaiknya biarkan bawang putih cincang selama 10-15 menit sebelum dimasukkan dalam wajan panas. Proses ini membuat bawang putih mampu membangun zat yang bisa mengurangi efek pemanasan.

Alpukat Campur
Alpukat, jika dicampur dengan buah atau sayur berwarna merah, hijau, jingga, dan kuning akan meningkatkan asupan vitamin penghancur lemak. Seperti vitamin A, E, dan K. Nutrisinya baik untuk meningkatkan kemampuan penglihatan, kekebalan tubuh, dan melindungi dari stroke dan osteoporosis.

Tambah Jus Lemon
Jika sedang memasak sup ayam, coba tambahkan sedikit jus lemon, cuka, atau tomat. Selain sebagai penyegar, menambahkan asam pada kaldu berbahan tulang akan meningkatkan kandungan kalsium hingga 64%. Begitu juga kalau Anda membalurkan saus Barbeque berbahan cuka asam pada daging panggang.

Rendam Bumbu Dulu
Pemanasan tinggi pada daging bisa menimbulkan zat karsinogenik penyebab kanker. Namun jika daging direndam terlebih dulu, dapat mengurangi efek buruk itu.

Potong Besar
Saat mengiris buah atau sayur segar buatlah potongan yang besar-besar supaya kandungan vitaminnya tidak mudah hilang terterpa oksigen dan cahaya. Potongan lebih besar akan menghambat proses oksidasi tersebut. Terutama mempertahankan vitamin C yang baik untuk imunitas tubuh.

Jangan Dikupas
Tak usah repot mengupas apel atau kentang supaya nutrisinya tetap utuh. Kulit sebenarnya pembatas alami untuk mencegah hilangnya vitamin dan mineral di dalamnya.

Tambahkan Rempah
Menambahkan rempah, termasuk jahe pada salad bisa meningkatkan antioksidan dua kali lebih tinggi ketimbang zat anti kanker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s