KEBIASAAN KESEHATAN YANG SEBENARNYA TIDAK PERLU

 

  • 5 Kebiasaan Kesehatan yang Tidak Terlalu Perlu

Ghiboo.com – Banyak kebiasaan-kebiasaan yang dianggap baik dan dianjurkan oleh para dokter demi kesehatan kita. Foxnews (22/5) membocorkan beberapa kebiasaan kesehatan yang sebenarnya tidak terlalu dianggap perlu namun sudah menjadi pedoman kesehatan bagi banyak orang.

1. Ke dokter gigi dua kali setahun
Sebuah peninjauan terhadap 23 riset di tahun 2003 tidak menemukan bukti konklusif yang mendukung kebutuhan untuk pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan. Jika gusi Anda dianggap cukup sehat, setahun sekali menemui dokter gigi dianggap cukup, ungkap James Bader, seorang profesor di sekolah kedokteran gigi University of North California.
Hanya saja, jangan tidak menemui dokter lebih dari setahun. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Heart Association tahun lalu menunjukkan bahwa gigi yang dibersihkan oleh dokter gigi profesional setahun sekali dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 24 persen dan stroke hingga 13 persen.

2. Jangan makan setelah jam 8 malam
Kalori tidak mengenal jam. Tidak ada perbedaan makan jam 8 pagi atau jam 8 malam, ungkap Susan Bowerman, asisten direktur UCLA Center for Human Nutrition. Tidak makan di atas jam 8 justru akan mengganggu pola tidur. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Anda wajib makan sebelum tidur jika Anda berolahraga pada malam hari atau Anda berusia lebih dari 60 tahun.
Protein dalam makanan menyediakan lebih banyak bahan bakar bagi tubuh untuk mensintesis otot. Hal ini juga membantu mengatasi dampak penuaan yang berkaitan dengan kehilangan otot.

3. Pergi ke laboratorium untuk scan setiap tahun
Menurut Dr Jonathan Goldin, scan terkadang memberikan rasa khawatir berlebihan sehingga menyebabkan kecemasan bagi seseorang. Scan dapat membantu mendeteksi kanker paru-paru dan kalsium koroner-arteri, namun scan ini hanya untuk orang-orang di atas 45 tahun yang memiliki faktor risiko, seperti merokok, tekanan darah cukup tinggi atau kolesterol cukup tinggi. Jika tidak ada, Anda tidak perlu melakukan scan.

4. Sikat gigi dua kali sehari
Plak membutuhkan 24 jam untuk mengeras. Sekali menyikat gigi dalam 24 jam lebih baik dari dua kali sehari. Tapi dengan syarat, menyikat giginya minimal dua menit. Dan melakukannya sebelum tidur. Air liur dapat memerangi plak dan produksinya akan menurun ketika Anda tidur. Tapi ini hanya mengenai plak. Nafas masih akan bau saat Anda terbangun di pagi hari. Segera menyikat atau menggunakan obat kumur setelah bangun tidur.

5. Menyikat gigi dengan bulu sikat keras lebih baik
Menyikat gigi dengan bulu sikat yang lembut sama baiknya dan membantu menurunkan risiko kerusakan gigi dan gusi, ungkap Philip Mendelovitz, seorang profesor kedokteran gigi di UCLA school of medicine.

7 thoughts on “KEBIASAAN KESEHATAN YANG SEBENARNYA TIDAK PERLU

  1. aku setuju ma poin2 i atas,,,tapi aku sbg dokter gigi di Indonesia (baca: negara yang masih berniat untuk berkembang ini), nampaknya poin 1 dan 4 ga berlaku. masalahnya: bahkan kondisi mulut orang indonesa yg ga terkontrol sela 3 bulan saja udah parah. Itu penelitian di luar negri yang kondisi kesadaran kesehatan mulutnya uda maju, tapi untuk bangsa kita yg masih ‘bandel’ ini, lebih baik rutin 6 bulan sekali deh utk amannya.

    orang sini juga kualitas gosok giginya belum bisa ideal, banyak yang arah n gerakannya masih salah. belum bisa disamakan sama orang2 negara maju. jadi lebih baik 2 kali sehari dulu aja yah ^_^

    • he he pak dokter gigi di indonesia ( yang kemauan belajarnya sangat rendah , saya malah melihatnya kurang niat maju ) datang ke blog saya menambahkan … senang sekali . ..

      mohon di ulas ya bagaimana meningkatkan kualitas gosok gigi, saya juga mau instropeksi..

      • soalnya aku pernah punya pengalaman punya pasien orang barat. aku sarankan 6 bulan berikutnya balik, eh mereka beneran balik. pas aku periksa, bersih banget kayak 6 bulan yang lalu. wah, emang bener, kontrol 6 bulan sekali tu ga perlu buat mereka. tapi pas dapet pasien orang lokal, jarak 6 bulan aja karang gigi udah numpuk,pewarnaan akibat rokok, kopi teh uda ada lagi.

        emang orang barat kesadarannya uda mulai lebih maju daripada orang2 sini. mulai dari cara pembersihan, kebiasaan dan pola makan yg bener2 mendukung banget utk kebersihan gigi. mereka klo makan udah yg organik2 gitu.

        ntar aku bikin artikel cara menyikat gigi yng efektif. makasih idenya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s