ini benar – benar rahasia saya

saya berasal dari keluarga miskin ( sampai sekarangpun masih belum kaya ) . Saya punya 4 orang adik . yang ketiga masih seumuran anak kelas 1 smu. yg ke 4 , sd kelas 5 , dan yang terakhir baru sekolah di TK. Ayahku cuma bekerja serabutan. yang membuat sedihnya adalah, beliau sudah tua ,. orang tua yang lain pada umur beliau sekarang sudah pensiun, dan anak sudah besar – besar.

Saya , anak pertama harus memikirkan nasib 3 orang adik 2 yang lain saat orang tua tidak lagi bisa bekerja.

saya juga punya 2 orang anak ( yang saya dengan sengaja saya susun paku ). pernah saya mendengar ayah bicara ” neneng sudah kaya tidak membantu orang tua ” . Sedih nian. Saya tau , oang kampung juga berkata begitu..

saya memang memiliki kehidupan yang lebih baik, tapi itu kehidupan yang diberikan suami pada saya. Kami pernah membantu keluarga saya ( Bahkan dulu sering walaupun kadang tampa sepengetahuan ayah, sampai kita memulai usaha baru yang benar – benar membuat keuangan kami seret, dan suami saya bekerja jauh lebih keras dari sebelumnya). Karena saya tidak punya pundi – pundi uang, maka yang membantu adalah suami saya, yang notabene juga harus memenuhi kebutuhan kami berempat  ( berlima dengan adik saya yang saya ajak tinggal disini ) . Ada beberapa usaha yang harus memerlukan suntikan dana yang cukup besar,   dan itu adalah usaha yang kami persiapkan untuk masa masa saat anak – anak sudah mulai sekolah dan adik – adik saat bapak saya sudah tidak mampu lagi bekerja.

begitulah yang harus saya pikirkan, dan saya tanggung sebagai anak pertama yang adik – adiknya masih kecil – kecil. Saya tidak bisa memberikan uang belanja setiap bulan pada orang tua sebagaimana yang mungkin anak 2 lain mampu lakukan.

dan saya sangat berterima kasih pada kerabat ayah dr Elya taher yang sudah mensekolahkan adik pertama dikebidanan, dan saya sangat merasakan betapa besar bantuan beliau.

Leave a Reply

