TIPS CANTIK DI USIA 20 – 30 TAHUNAN

Setiap fase usia punya keistimewaan tersendiri. Demikian juga dalam hal perawatannya. Karena itu, lakukan perawatan yang sesuai untuk setiap tahapan usia.

Segar di usia 20-an

Puncak perkembangan kulit terjadi di usia 20-an. Pada masa ini, semua komponen kulit, seperti epiderma, kolagen, elastin, dan pembuluh darah berkembang secara maksimal sehingga tekstur kulit terlihat berwarna kemerahan segar. Masalah utama yang menghantui pada masa ini biasanya hanya seputar kulit berminyak dan berjerawat yang disebabkan oleh faktor hormonal atau perawatan yang kurang tepat.

1.Perawatan harian
•Lakukan perawatan ringan dan teratur setiap hari, selalu membersihkan wajah dengan pembersih yang tidak mengandung alkohol.
•Gunakan pelembab yang mengandung SPF 15 atau lebih, terutama jika Anda termasuk wanita aktif yang sering berada di luar ruangan dalam waktu lama. Oleskan 20 menit sebelum ke luar ruangan.
•Oleskan eye gel setiap malam sebelum tidur.
•Masukkan juga buah-buahan, sayur mayur, dan air putih dalam menu makan Anda. Kandungan serat serta vitamin dalam buah dan sayur membantu proses regenerasi kulit secara alami, sementara air putih mampu mempercepat pengeluaran racun dan lemak tak berguna dalam tubuh yang menjadi penyebab jerawat.

2.Perawatan mingguan
Melakukan facial secara berkala merupakan perawatan tambahan yang dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan penuaan dini. Jika kulit Anda tidak bermasalah dengan jerawat, ritual ini cukup dilakukan sebulan sekali. Untuk kulit yang bermasalah, lakukanlah facial dua minggu sekali.

3. Make-up
Pemilihan kosmetik pada usia ini dapat lebih bervariasi, berbagai warna riasan dapat dicoba. Jika tidak diperlukan, hindari penggunaan foundation dan concealer terlalu sering. Jika memang diperlukan, gunakan yang berbahan dasar air (water based) agar terasa lebih ringan. Penggunaan foundation menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga memacu timbulnya jerawat. Sebagai alternatif, cukup oleskan pelembab ringan dan bedak tabur (ditekan-tekan dengan mengunakan puff). Pilih warna-warna transparan atau kulit untuk riasan agar wajah terlihat lebih segar dan bersinar.

Menarik di usia 30-an

Mulai usia 30, tanda-tanda penuaan sudah mulai terjadi. Proses pengelupasan kulit mati mulai melambat, kolagen dan elastin berkurang, dan kantong mata mulai terlihat. Selain itu, warna kulit mulai tidak merata, kulit terasa lebih kering serta timbul garis-garis halus pada ujung mata dan bibir. Ini dikarenakan penyebab utamanya adalah perubahan hormon.
Memasuki usia ini, Anda harus lebih selektif dalam memilih produk perawatan dan riasan wajah. Lakukanlah semua perawatan harian yang telah Anda jalani dengan lebih intensif lagi. Ganti produk ringan yang biasa Anda pakai dengan jenis yang mempunyai kekuatan lebih yang berguna untuk menghindari penuaan dini.

1.Perawatan harian
•Jangan lupa selalu membersihkan wajah dengan produk yang tidak mengandung alkohol.
•Gunakan pelembab yang berbeda untuk siang dan malam secara teratur (pelembab siang yang mengandung antitabir surya, dan pelembab malam yang mengandung anti-aging untuk membantu regenerasi kulit).
•Oleskan krim mata untuk melembabkan daerah kantong mata agar tidak gampang berkerut atau kendur.

2.Perawatan mingguan
•Dapat mencoba facial kolagen dua kali sebulan agar regenerasi kulit berlangsung optimal, atau gunakan masker yang berfungsi untuk mengencangkan dan menjaga kelembaban kulit. Anda pun dapat mencoba home peeling (digunakan di rumah) untuk menipiskan noda-noda kecoklatan akibat rusaknya melanin karena sinar UV.
•Pilih satu olahraga favorit Anda dan lakukan secara teratur 2–3 kali seminggu.

3.Make-up
Untuk riasan, lakukan trik koreksi wajah. Contoh: untuk menyamarkan noda hitam atau kerutan halus dan menutupi kantong mata yang mulai nampak, bubuhkan concealer tipis-tipis. Pilih warna natural atau pastel agar tampak natural. Penggunaan sedikit eyeliner, eyeshadow, dan pensil alis sangat dianjurkan agar wajah terlihat lebih segar. Selanjutnya, bingkai bibir dengan pensil tipis-tipis guna menyamarkan kerutan halus yang muncul di sekitar bibir, kemudian oleskan lipstik secara merata di bibir.

Tips:
Hindari kebiasaan buruk yang dapat mempercepat kerusakan kulit, seperti merokok, minum minuman berkafein, dan tidur malam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s